Sabtu, 14 Maret 2015

Resensi Buku Nonfiksa "olahraga alam"

Nama   : Devie Aryani
Kelas   : XII IPA 2
RESENSI BUKU NONFIKSI
OLAHRAGA ALAM

Judul               : Olah raga Alam
Penulis             :Nono Darsono dan Setria
Penerbit           :PT Perca, Jakarta
Tahun Terbit    :2008
Tebal               :xvi + 149 halaman



           
Ringkasan Per-BAB
BAB I – Pendakian Gunung
Pendakian gunung adalah suatu olahraga keras,penuh petualangan dan membutuhkan keterampilan, kecerdasan,kekuatan serta daya juang yang tinggi. Pendakian gunung berarti suatu perjalanan, mulai dari hill walking sampai dengan ekspedisi pendakian ke puncak-puncak yang tinggi dan sulit,hingga memerlukan waktu yang lama,bahkan sampai berbulan-bulan.
Jenis pendakian gunung tergantung medan yang dihadapi yaitu hill walking/feel walking (hiking),scrambling dan climbing. Ada dua sistem pendakian gunung yaitu Himalaya System dan alpine system.
BAB II – Panjat Tebing (Rock Climbing)
            Panjat tebing adalah bagian dari pendakian gunung. Pada dasarnya panjat tebing adalah suatu teknik memanjat tebing batu dengan memanfaatkan cacat batuan yang berupa tonjolan,rekahan atau cekungan dengan atau tanpa alat bantu pemanjatan.olahraga ini menjadi salah satu alternatif olahraga alam yang menggunakan wahana tebing atau gugusan cadas.
            Panjat tebing atau Rock Climbing mempunyai bermacam klasifikasi diantaranya Free climbing (menggunakan alat pengaman), Free Soloing (tanpa pengaman) dan Artificial climbing (menggunakan peralatan yang banyak karena medan yang kurang baik).
            Kemampuan pemanjat diukur berdasarkan tingkat kesulitan memanjat, yaitu French grading System, Ewbank System, Yosemite Decimal system,British Grading System,Brazilian Grade System,Alaska Grading Sysem dan Alpine Grading System.
BAB III – Arung Jeram (White water Rofting)
            Arung jeram atau Olahraga Arus Deras (ORAD) merupakan aktivitas pengarungan sungai berjeram/riam dengan menggunakan perahu karet,kayak,kano serta dayung untuk mengayuh. Arung jeram adalah aktivitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram/riam dengan menggunakan wahana tertentu. Arung jeram adalah salah satu olahraga yang mengandalkan kekompakan dalam timnya. Olahraga arung jeram juga sangat menuntut keterampilan.
Komponen jeram/riam terdiri dari Lidah Air (The Tongue) terbentuk dari dua alur yang terhambat batu dan bertemu sehingga membentuk huruf ‘V’ yang mengarah ke hilir. Ombak berdiri (standing waves) yaitu benturan akhir arus kuat yang mengalir ke bawah dengan arus lambat yang mengalir secara datar di dasar sungai sehingga menyebabkan ombak berdiri. Arus balik (reversal/holes/stopper) adalah arus balik aliran sungai yang mengayun ke atas dan berputas kebelakang dengan sendirinya. Pusaran air (eddies). Belokan (bends) yaitu adanya kekuatan sentrifugal yang menyebabkan jeram pada belokan sungai dengan arus yang cepat.dan yang terakhir adalah air dangkal (shallows).
2 skala yang harus diketahui saat akan melakukan arung jeram adalah International Scale adalah angka ukurannya I-VI. I berarti mudah sedangkan VI berarti tidak bisa dilalui. Kemudian skala Wastern Scale adalah skala yang ukurannya 1-10.
Tekhnik dasar berarung jeram adalah Pengintaian (Scouting), Mendayung,Aba-aba,Manuver Perahu,Perencanaan Jalur (Plianning A Course), dan keselamatan (safety).
BAB IV – Olahraga Sepeda gunung
            Sepeda gunung atau lebih dikenal dengan MTB (Mountain Bike) maupun ATB (All Terain Bike) adalah kendaraan 4x4 komunitas persepedaan. Sepeda ini dirancang secara khusus agar mampu menjelajahi medan mulus (jalan raya/paving) hutan, bukit, lembah, padang dan areal pegunungan tanpa masalah.
            Terdapat 2 cabang olahraga sepeda gunung yaitu menuruni bukit dan cabang lintas alam.
BAB V – Susur Gua
            Susur gua atau caving berasal dari kata cave yang artinya gua. Gua berarti ruang alamiah di dalam bumi yang biasanya terdiri atas ruangan-ruangan dan lorong-lorong. Aktivitas caving diterjemahkan dengan penelusuran gua. Orang yang menelusuri gua disebut caver atau penelusur gua.
            Terdapat dua tekhnik susur gua. Yaitu Teknik Penelusuran Gua Horizontal dan Teknik Penelusuran Gua Vertikal.
            Hal yang harus diketahui oleh seorang caver adalah tali temali (knot),sistem anchor,abseiling (teknik menuruni tali),prussiking (teknik menaiki tali)
BAB VI – Olahraga Paralayang
            Olahraga paralayang adalah salah satu cabang olahraga terbang bebas. Paralayang dapat diartikan sebagai sebuah parasut yang dapat diterbangkan dan dapat mengangkat badan penerbang.syarat melakukan paralayang adalah sehat jasmani dan rohani,tidak mengidap penyakit jantung dan epilepsi serta berumur 14-60 tahun.
            Teknik pertama lepas landas dalam paralayang ada dua,yaitu teknik lompat lari/alpine launch dan teknik lompat balik/reverse launch.
            Lokasi olahraga paralayang di Indonesia yaitu terdapat di Sumatra Utara, Sumatra Barat,Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Kelebihan dan Kelemahan Buku
            Buku yang berjudul “Olahraga Alam” yang ditulis oleh Nono darsono dan Setria ini mengupas secara lengkap tentang berbagai macam olahraga alam. Penulis juga menambahkan beberapa gambar asli yang memperjelas bahasan disetiap bab nya. Buku “Olahraga Alam” ini juga menggunakan penulisan yang sangat dimengerti oleh berbagai kalangan. Tetapi terlepas dari itu semua, buku “Olahraga Alam” ini juga mempunyai kekurangan,salah satunya adalah identitas buku yang kurang lengkap dan cover buku yang monoton.
Kesimpulan

            Jadi olahraga alam yang terdiri dari mendaki gunung,panjat tebing.arung jeram,sepeda gunung,susur gua dan paralayang mempunyai titik kesulitan dan kepuasan tersendiri saat melakukannya. Begitu juga dengan peralatan yang digunakan dalam setiap olahraga alam berbeda-beda. Hal-hal yang harus di perhatikan saat melakukan olahraga alam yaitu : mempersiapkan diri, memperhatikan tempat dan mempersiapkan segala peralatan yang lengkap. Dari keseluruhan yang sudah saya paparkan saya yakin buku “Olahraga Alam” ini sangat bagus dibaca oleh pecinta alam,akademis dan berbagai kalangan.           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar